Header Ads

Amien Rais: Saat Ini KPK Lemah dan Perlu Dibatasi



Mantan Ketua MPR, Amien Rais menyindir beberapa pernyataan Pansus Angket KPK yang janji tidak melemahkan KPK dengan hak angket. Menurutnya, KPK sudah sangat lemah dari dulu karena tidak bisa menyelesaikan kasus korupsi besar.

Beda saya dengan lainnya. Kalau yang lainnya jangan ditanya, jangan lemahkan KPK, saya ketawa. Apakah KPK itu kuat? Kalau kuat, BLBI sudah selesai, Hambalang sudah selesai. Kalau kuat, Century selesai, Sumber Waras juga selesai, ujar Amien di Gedung DPR Senayan.

Jadi intinya KPK itu lemah, nggak usah katakan lemahkan KPK, memang sudah lemah, ujarnya.

Amien Rais menjelaskan kelemahan KPK. KPK sendiri dikatakannya hanya tegas pada kasus korupsi kecil.

Jadi melemahkan KPK sudah titik jenuh. Kalau dia kuat, itu semua kasus besar sudah selesai. Inikan OTT Rp 10 juta, Rp 400 juta, disegel kantor DPRD Mojekorto, inikah lemah, ucap Amien.

Dia juga menyindir status KPK sebagai lembaga ad hoc. Menurutnya, sudah saatnya KPK dibatasi karena bekerja di luar batas.

Hal ini disampaikan Amien saat datang ke Gedung DPR untuk audiensi dengan pansus angket KPK. Akan tetapi, audiensi itu akhirnya ditunda dan Amien Rais hendak menyelesaikan makalah soal KPK.

Saya guru besar di bidang politik. Saya maaf. saya tidak sombong. Dulu saya di universitas Gadjah Mada, ke Chicago, pernah menjadi ketua MPR, saya tahu negeri ini masa saya diam saja. Jadi tanggung jawab moral saya sebagai warga negara Indonesia. cuma momentumnya lebih tepat beberapa hari lagi dan ini Pak Setnov jadi tersangka. Jangan-jangan saya dianggap memainkan kartu di mana saya. This is my own, this is my perspective, this is my conclusion tentang KPK itu, ucap Amien Rais.
Diberdayakan oleh Blogger.